Belajar MySQL: Relational Database Management System

posted in: Tutorial Pemrograman | 0

MySQL adalah adalah Relational Database Management System (RDBMS)  open-source yang paling terkenal. Ia juga merupakan database yang paling banyak dipakai untuk aplikasi berbasis web.MySQL adalah database yang cepat, mudah digunakan, dan dapat dipakai baik pada bisnis kecil ataupun yang berskala besar. MySQL dikembangkan, didukung, dan dipasarkan oleh perusahaan MySQL AB dari Swedia.

Mengapa memakai Database MySQL

  • MySQL bersifat open-source dan gratis. Jika perlu dukungan teknis dapat  memakai versi yang berbayar.
  • MySQL adalah aplikasi database server powerfull dan cepat dan sanggup bekerja untuk aplikasi yang besar. Dapat mendukung lebih dari 50 juta baris. Batas default untuk ukuran file pada tabelnya adalah 4GB, walaupun masih bisa ditingkatkan jika sistem operasinya mendukung. Secara teoritis, ukuran file table bisa sampai 8 juta TeraByte.
  • MySQL mendukung pemakaian bahasa Structured Query Languange (SQL).
  • MySQL dapat dipasang banyak sistem operasi (Windows, Linux, Unix, MacOS, dst) dan bekerja dengan banyak bahasa pemrograman, seperti: PHP, PERL, C, C++, JAVA, etc.
  • MySQL sangat luas dipakai sebagai database server untuk aplikasi web yang dikembangkan dengan PHP. Mayoritas hosting web di Internet memasang  database MySQL server sebagai paket standar.

Menginstall MySQL di Windows

Cara yang paling mudah memasang database MySQL di komputer kita adalah menggunakan paket aplikasi server web lokal seperti: XAMPP, WAMP, LAMP, PHPTriad, dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan XAMPP, silahkan ikuti tutorial [NAMA TUTORIAL XAMPP]

belajar mysql xampp control panel

Gambar 1. Contoh screenshot XAMPP Control Panel. Modul MySQL yang berwarna hijau menunjukan bahwa database server MySQL telah aktif.

Paket XAMPP telah menyertakan aplikasi phpMySQL untuk mengelola database server.

belajar mysql xampp phpmysql

Tipe Data pada MySQL

Mendefinisikan field dalam table sangat penting agar database kita optimal. Pakailah tipe field dan ukuran data yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda perlu menyimpan 2 karakter, gunakan tipe field VARCHAR(2). Tipe VARCHAR adalah tipe data untuk menyimpan karakter, sedangkan 2 adalah jumlah karakter maksimal.

MySQL memiliki banyak tipe data. Mereka dibagi dalam 3 kategori: numeric, tanggal, dan teks (string).

Tipe Data Numerik

MySQL menggunakan seluruh tipe data numeric standar ASCII, sehingga jika Anda menggunakan MySQL dari system database yang berbeda, definisinya akan tetap familiar. Berikut adalah beberapa tipe data numeric yang sering dipakai di MySQL.

  • INT – Integer ukuran normal, nilai yang diperbolehkan adalah  dari -2147483648 to 2147483647, bisa negative dan positif. Jika atribut di set UNSIGNED, maka range yang dapat dipakai adalah dari 0 sampai 4294967295. Integer ini dapat di set maksimal sampai 11 digit, atau INT(11).
  • TINYINT – Tipe Integer yang sangat kecil, bisa negative dan positif. Untuk tipe SIGNED, nilai yang diizinkan adalah  -128 sampai 127. Sedangkan untuk UNSIGNED  dari 0 sampai 255. Tipe TINYINT dapat diset sampai 4 digit.
  • SMALLINT – Tipe integer kecil, SIGNED memiliki range -32768 sampai 32767, dan UNSIGNED 0 sampai 65535. Tipe SMALLINT dapat di set sampai 5 digits.
  • MEDIUMINT – Tipe integer menengah, SIGNED memiliki range -8388608 sampai 8388607, dan UNSIGNED 0 sampai 16777215. Tipe MEDIUMINT dapat di set sampai 9 digits.
  • BIGINT –Tipe integer paling besar, SIGNED memiliki range -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807, dan UNSIGNED 0 sampai 0 to 18446744073709551615. Tipe BIGINT dapat di set sampai 20 digits.
  • FLOAT(M,D) – Tipe bilangan pecahan. Tipe ini tidak bisa unsigned. Anda dapat menentukan panjang tampilan dengan (M) dan jumlah decimal pada (D). Nilai default untuk (M,D) adalah (10,2). Nilai (10,2) artinya panjang total adalah 10 digit, termasuk decimal. Nilai presisi decimal bisa sampai 24.
  • DOUBLE(M,D) – Tipe bilangan pecahan presisi dobel. Tipe ini tidak bisa unsigned. Anda dapat menentukan panjang tampilan dengan (M) dan jumlah decimal pada (D). Nilai default untuk (M,D) adalah (16,4). Nilai presisi decimal bisa sampai 53. Tipe REAL adalah sinonim untuk DOUBLE.
  • DECIMAL(M,D) – Tipe DECIMAL tidak bisa unsigned. Pada tipe ini, setiap decimal akan mengambil satu byte. Menentukan nilai M dan D adalah keharusan (tidak ada nilai default). Tipe NUMERIC adalah nama lain dari DECIMAL.

Tipe Data Date and Time

MySQL memiliki tipe yang berkaitan dengan tanggal dan waktu sebagai berikut

  • DATE – Tanggal dalam format YYYY-MM-DD (YYYY=tahun, MM=bulan, DD=tanggal/hari) antara 1000-01-01 sampai dengan 9999-12-31. Sebagai contoh, 1 Januari 2015 akan ditulis 2015-01-.
  • DATETIME – Yaitu format kombinasi antara tanggal dan waktu. Formatnya adalah YYYY-MM-DD HH:MM:SS, dengan nilai antara 1000-01-01 00:00:00 sampai dengan 9999-12-31 23:59:59.
  • TIMESTAMP – Timestamp adalah tipe field yang secara otomatis terisi sesuai dengan tanggal dan waktu saat data di insert/update. Timestamp mirip dengan format DATETIME.
  • TIME – Menyimpan data waktu, dengan format HH:MM:SS format.
  • YEAR(M) – Menyimpan tahun dalam format 2-digit dan 4-digit.

Tipe data String

MySQL memiki beberapa jenis tipe data string. String adalah rangkaian karakter (bisa juga disebut teks). Tipe data string adalah tipe yang paling banyak dipakai dalam table MySQL. Pastikan anda menggunakan tipe data string sesuai kebutuhannya.

  • CHAR(M) – String yang memiliki panjang tetap, antara 1 dan 255. Panjang tipe string dapat ditentukan dengan CHAR(M) dimana M adalah jumlah maksimal karakter.
  • VARCHAR(M) – String dengan panjang variable antara 1-255.
  • BLOB or TEXT – Tipe data String (rangkaian karakter) dengan maksimum panjang data 65535 characters. BLOBs singkatan dari “Binary Large Objects”, dipakai untuk menyimpan data binary, seperti gambar. Sedangkan TEXT dipakai untuk menyimpan data yang berbasis “Karakter untuk dibaca”. Pada proses mengurutkan dan pencarian, tipe data TEXT akan berbasis karakter. Sedangkan BLOB berbasis nilai byte numerik.
  • TINYBLOB or TINYTEXT – Tipe data BLOB atau TEXT yang berisi maksimal 125 karakter.
  • MEDIUMBLOB or MEDIUMTEXT – Tipe data BLOB or TEXT dengan panjang maksimum 16777215 characters.
  • LONGBLOB or LONGTEXT – Tipe data BLOB or TEXT dengan panjang maksimum 4294967295 characters.
  • ENUM – Enum adalah tipe data string dengan nilai yang dipilih dari daftar tertentu yang diizinkan. Daftar tersebut ditentukan saat table dibuat. Misanya Anda ingin membuat datar untuk mengisi field jenis kelamin, tipenya: ENUM(“PRIA”,”WANITA”).

 

Leave a Reply