Cara Install Plugin di WordPress

posted in: Tutorial Wordpress | 0

Salah satu kelebihan membuat situs web dengan menggunakan CMS (Content Management System) adalah kemudahan untuk menambahkan fitur/fungsi situs. Dalam CMS WordPress, penambahan fitur tersebut dilakukan melalui Plugin. Misalnya Plugin untuk menambahkan halaman formulir, menampilkan banner, membuat toko online, mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization), menambahkan anti-spam, menambahkan fungsi captcha, menambahkan fungsi sharing di social media, dan lain sebagainya.

Langkah menginstal plugin :

  1. Login ke WordPress “Dashboard”
  2. Masuk menu “Plugin”
  3. Klik “Add New”
  4. Kemudian ketikkan kata kunci dari Plugin yang ingin Anda install, tekan tombol <Enter>
  5. Misalnya: Contact Form
  6. Maka akan muncul pilihan plugin yang tersedia di WordPress untuk membuat formulir kontakcara menambah plugin di wordpress
  7. Anda dapat melakukan filter pada tab yang tersedia, yaitu Featured, Populer, Recomended, dan Favorites. Anda juga dapat memilih plugin berdasarkan jumlah dan rating yang diberikan oleh pengguna. Lihat tanda Bintang dibawah setiap thubmbail plugin. Tentunya pilihlah yang penggunanya banyak dan rating yang tinggi.
  8. Klik tombol “Install Now”.
  9. Seletelah plugin diinstall, Anda tinggal klik “Activate Plugin”.
  10. Setiap plugin memiliki cara masing masing untuk mengkonfigurasinya. Anda dapat melihatnya pada bagian menu. Ada plugin yang langsung membuat link Menu. Ada yang membuat submenu di Settings, Tools, Appearance, dan seterusnya, sesuai dengan kategori plugin itu sendiri.

plugin wordpress backup backwpup yang membuat menu sendiri

 

Gambar. Contoh plugin BackWPup yang membuat menu sendiri.

Leave a Reply