Cara Mengecek Umur dan Data Domain

posted in: Tips Membuat Website | 0

Nama Domain, atau sering disebut “Domain” secara sederhana adalah NAMA SITUS WEB DI INTERNET. Sebetulnya domain dipakai lebih luas dari itu, karena dipakai juga untuk fungsi otoritas dan control. Jika kita sering bekerja dengan Internet, terkadang kita perlu mengecek data-data sebuah domain. Misalnya untuk mengetahui berapa lama sebuah domain telah di daftarkan, kapan expire-nya, siapa pemiliknya, dan menunjuk ke server mana (hosting yang dipakai).

Keperluan mengetahui data domain ini bermacam-macam. Misalnya saya ingin mengetahui berapa lama  sebuah perusahaan hosting  atau toko online telah berdiri. Dengan melihat kapan nama domain didaftarkan, maka kita tahu berapa tahun umurnya. Jika sebuah toko-online baru berdiri beberapa hari, maka kita harus lebih hati-hati. Takutnya penipuan. Jika telah berdiri bertahun-tahun, maka kemungkinan toko tersebut abal-abal sangat kecil.

Untuk mengecek data domain, langkahnya sebagai berikut:

1. Buka google.com
2. Masukan pencarian: who is

Masukan pencarian who is
3. mencari penyedia who is dengan google
4. Pilih salah satu,misal: https://www.whois.com/whois/
5. Masukan nama situs/domain yang dingin dilihat. Misal: bukalapak.com

melihat who is dari sebuah domain
6. File: melihat who is dari sebuah domain
7. Maka kita bisa melihat data domain tersebut

bukalapak.com
8. Situs Who Is dapat juga dipakai untuk mengecek nama domain yang tersedia. Jika kita masukan nama domain yang belum ada, maka tampilan yang muncul seperti berikut:
mencari domain yang tersedia dengan who is

Leave a Reply