Cara Mengupload Situs Web berbasis WordPress ke Hosting

posted in: Tutorial Wordpress | 0

Dalam tutorial membuat website ini, akan dijelaskan langkah-langkah cara meng-upload situs web berbasis wordpress ke hosting.

Cara mengupload situs web ke hosting sangat mudah, tidak ada bedanya dengan meng-copy file antar folder di komputer kita. Bedanya, kita mencopy file ke folder yang lokasinya di hosting. Tools yang kita pakai untuk mengupload file ke hosting adalalah aplikasi File Manager, yang terdapat di Control Panel hosting.

Agar situs kita muncul di lokasi domain, misalnya: http://www.domainkita.com, maka folder yang menjadi tujuan di hosting adalah folder public_html. Untuk mengupload situs yang menggunakan database seperti WordPress, tidak cukup hanya mengupload file. Kita perlu mengcopy databasenya juga.

Berikut adalah langkah-langkah mengupload situs berbasis wordpress secara lengkap.

Langkah 1. Mengupload file ke hosting.

  1. Misalnya kita sudah memilik situs wordpress yang siap di folder C:\xampp\htdocs\wordpress. Agar proses upload mudah dan sekaligus, kita kompres (zip) folder wordpress menjadi satu file. Misalnya menjadi wordpress.zip. Untuk meng-kompress file, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Winzip (komersial) atau 7-zip yang gratis. mengkompres-zip-folder-wordpress
  2. Setelah terkompress menjadi satu file, masuk Control Panel hosting.
  3. Dalam Control Panel, buka File Manager.control panel file manager
  4. Pilih Web Root (public_html/www) dan tandai Show Hidden Filescontrol-panel-directory-selection-hosting
  5. Pilih menu Upload, pilih file wordpress.zip.control-panel-file-manager-upload
  6. Lakukan proses upload.control-panel-upload-file-form
  7. Setelah selesai, dari dalam folder public_html, ekstrak di dalam folder tersebut.control-panel-file-manager-extract-move
  8. Setelah di extract, pastikan bahwa folder-folder utama WordPress ada di dalam public_html. Folder utama WordPress adalah wp-admin, wp-content, wp-includes. Ditambah beberapa file dengan awalan wp- seperti: wp-config.php, wp-login.php, wp-mail.php dan seterusnya. Jika folder dan file tersebut ter-ekstrak ke lokasi lain, pindahkan dengan klik kanan, pilih Move.

Leave a Reply