cPanel – File Permissions

posted in: Tutorial Membuat Website | 0

Bagaimana cara menggunakan cPanel untuk mengubah hak akses file dan  folder pada sebuah hosting?  Tutorial berikut akan menjelaskan bagaiamana cara menggunakan cPanel hosting untuk mengubah hak akses file/folder.

Sebagian besar hosting yang kita sewa berbasis Linux Operating System, dimana semua file dan direktori memiliki izin akses. Fitur ini memberikan kemampuan kepada pengguna untuk menyiapkan tingkat akses yang berbeda untuk setiap pengguna. Sistem Operasi juga mendapat kemampuan untuk menangani permintaan yang berbeda dalam mengakses file tersebut. Fitur ini membuat sistem lebih aman dari potensi ancaman keamanan.

Ada tiga jenis izin akses file dan direktori:
·         Read – ditunjukkan dengan ‘r’ atau kode nomor 4, memberikan kemampuan kepada pengguna untuk membaca file saja.

·         Write – ditunjukkan dengan ‘w’ atau kode nomor 2, memberikan kemampuan kepada pengguna untuk menulis ke dalam file saja.

·         Execute – ditunjukkan dengan ‘x’ atau kode nomor 1, memberikan kemampuan kepada pengguna untuk mengeksekusi file saja.

Access permissions can be given in groups too, for example, if we want to give a file to read and write permission only, we can assign ‘rw–‘ to that file or in numerical form, we can assign number 6 – as 4 for read and 2 for write equals to 6.

Izin akses dapat diberikan juga pada kelompok. Jika kita ingin memberikan izin akses untuk membaca dan menulis saja, kita dapat menetapkan ‘rw-‘ ke file atau dalam bentuk kode, berikan nomor 6 (4+2) – dimana 4 untuk membaca dan 2 untuk menulis.

Berdasarkan pengguna, izin akses ini diberikan kepada tiga jenis pengguna:
·         User – Pemilik file.

·         Group – Kelompok pengguna dimana Pemilik file (Owner) berada.

·         World – Semua orang.

Kami memberikan izin akses file di cPanel. Secara default, cPanel File Manager memberikan izin 6-4-4 untuk pengguna: 6 untuk Pengguna, 4 untuk Grup dan 4 untuk World. Kemungkinan besar kita tidak perlu mengubah hak akses file kecuali diperlukan.

Anda dapat mengubah hak akses file di lingkungan cPanel dengan langkah-langkah berikut –

Langkah 1 – Buka File Manager dari cPanel Home.

Langkah 2 – Arahkan pointer ke file atau Folder yang ingin Anda ubah hak aksesnya, dan pilih file atau folder dengan satu klik mouse.

Langkah 3 – Klik link Permissions dari Top menu File Manager dan Anda akan mendapatkan Prompt seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

cpanel-change-permission

Filename: merubah-hak-akses-file-folder-di-cpanel

Langkah 4 – Pilih izin sesuai dengan kebutuhan Anda dan klik Change Permissions untuk menyimpan izin akses baru dari file.

Leave a Reply