File Manager di cPanel

posted in: Tutorial Membuat Website | 0

cPanel File Manager mempunyai fungsi yang penting dalam pengelolaan hosting. Dalam tutorial ini, akan jelaskan cara membuat, meng-upload, mengubah, atau menghapus file menggunakan antarmuka tersebut.

File Manager di cPanel memberi Anda banyak pilihan yang bagus dan cepat dengan antarmukanya dalam mengelola file. Sangat mudah digunakan, dan menghilangkan kerepotan dibanding menggunakan FTP. Anda dapat membuat, meng-upload, mengubah, atau menghapus file dari antarmuka ini. Terdapat juga fitur untuk memindahkan file ke tempat sampah sebelum menghapus mereka secara permanen yang dapat dikembalikan nantinya.

Untuk membuka file manager, di bagian Files klik File Manager.

cpanel-file-manager-1

Ini akan membuka tab baru dan Anda akan melihat Dashboard seperti ini.

cpanel-file-manager-2

cPanel File Manager memberi Anda banyak fleksibilitas untuk menjelajahi dalam file Anda.

Anda dapat menggunakan file manager untuk mengikuti tugas berikut.

Mencari File

Untuk mencari file, menggunakan bar pencarian di atas Dashboard File Manager. Anda dapat mencari di semua file Anda, misalnya di direktori public_html atau direktori saat ini, dengan cara tulis nama file di kotak input kemudian klik Go untuk mencari file.

Catatan – public_html adalah folder di cPanel, dimana semua file yang dapat diakses dari frontend situs Anda akan disimpan di direktori ini. Index.html atau index.php yang ditemukan di folder ini akan dipanggil pertama kali, ketika seseorang mengakses situs Anda dari frontend (URL Situs).

Pengaturan File Manager

Untuk mengakses Preferensi File Manager cPanel, klik pengaturan tombol di bagian atas Dashboard. Anda akan melihat Prompt seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

cpanel-file-manager-references

  • Secara default, file manajer cPanel membuka direktori Home akun Anda. Tapi, kita bisa mengganti ini dengan memilih Web Root, yang merupakan folder public_html dari root Public FTP atau Root Dokumen domain Anda atau subdomain yang Anda buat.
  • Di Linux, file yang tersembunyi memiliki satu Dot (.) di depan mereka. Default cPanel File Manager tidak menampilkan file jenis ini, tetapi Anda dapat memilih untuk menampilkan file yang tersembunyi dengan memungkinkan pilihan Show Hidden Files (dotfiles).
  • Ketika kita membuka file teks, yang mungkin HTML, PHP atau file Plain Teks, cPanel membuka dialog untuk memeriksa pengkodean karakter dari file, untuk memastikan kompatibilitas maksimum saat mengedit file. Anda dapat menonaktifkan fitur ini dengan memilih – Disable Character Encoding Verification Dialogs.

Working with File Manager

Membuat File

Untuk membuat file baru, arahkan ke direktori, di mana file tersebut perlu dibuat dan kemudian klik File New dari Dashboard. Sebuah prompt akan terbuka dan meminta Anda memasukan nama file. Masukkan sesuai dengan ekstensi file dan Path, di mana file tersebut akan dibuat. Terakhir, klik Create New File dan file baru akan dibuat.

Membuat Folder

Untuk membuat Folder baru atau direktori, arahkan ke direktori di mana Anda ingin membuat folder. Klik pada New Folder dari Dashboard. Sebuah Prompt akan dibuka untuk menanyakan nama dari New Folder Anda. Masukkan nama Folder yang Anda inginkan dan klik Create New Folder. Folder baru Anda akan dibuat.

Menyalin File/Folder

Anda dapat menyalin file tunggal atau folder atau bahkan beberapa file atau folder. Untuk menyalin file tunggal atau folder pilih apa yang ingin Anda salin dengan satu klik mouse di atasnya dan klik Copy. Anda akan diminta path file di mana Anda ingin menyalin file atau folder, masukkan Path yang sesuai dan klik Copy File (s).

Untuk menyalin beberapa file atau folder, klik pada file atau folder yang diinginkan dengan menekan tombol ctrl untuk memilih beberapa file atau folder dan kemudian klik copy. Masukkan lokasi yang diinginkan dan Klik Copy File (s) tombol untuk menyalin beberapa file.

Memindahkan File/Folder

Anda dapat memindahkan file tunggal atau folder atau beberapa sekaligus. Untuk memindahkan file tunggal atau folder, pilih salah satu yang ingin Anda pindahkan dengan satu klik mouse di atasnya dan Klik Move. Anda akan diminta path file di mana Anda ingin memindahkan file atau folder. Masukkan Path yang sesuai dan klik Move File (s).

Untuk memindahkan beberapa file atau folder, klik pada file atau folder yang diinginkan dengan menekan tombol ctrl untuk memilih beberapa file atau folder dan kemudian klik pada on move. Masukkan lokasi yang diinginkan dan Klik untuk to move File (s) tombol untuk memindahkan beberapa file.

Mengupload File

Untuk meng-upload file dari antarmuka cPanel File Manager, arahkan ke direktori di mana Anda ingin meng-upload dan kemudian, klik Upload. Anda akan menemukan antarmuka yang ditunjukkan di bawah ini.

cpanel-file-manager-mengupload-file

Anda dapat Drag dan Drop file untuk meng-upload atau Anda dapat memilih file dari tombol Select File. Jika Anda ingin File Manager secara otomatis menimpa file dengan nama yang sama, Anda dapat memilih – Overwrite File yang sudah ada di pilihan kotak.

Mendownload File

Untuk men-download file dari cPanel File Manager, Anda dapat memilih file tunggal atau beberapa file dengan klik pada nama file atau lebih, kemudian klik Download untuk mendownload file.

Menghapus File atau Folder

Untuk menghapus file tunggal atau kelompok atau folder, hanya perlu memilih file dengan klik dengan mouse, dan kemudian klik pada tombol Delete. Anda akan mendapatkan prompt untuk mengirimkan file ke Tempat Sampah. Jika Anda ingin menghapus file secara permanen, pilih Skip the Trash. Jika kotak centang tidak dipilih, file dipindahkan ke Sampah Folder dari mana Anda dapat memulihkan mereka nanti.

Mengganti nama File atau Folder

Untuk mengubah nama file atau Folder, pilih file atau folder dengan klik mouse dan klik pada Rename. Anda akan mendapatkan prompt untuk memasukkan file baru atau nama folder. Masukkan nama file atau folder sesuai dan klik pada tombol File Rename untuk menyimpan. Anda juga dapat klik dua kali pada nama dari setiap file atau Folder untuk mengubah nama file.

Editor Teks

Untuk mengedit file teks dengan editor teks sederhana, pilih file dan klik tombol Edit. Anda akan mendapatkan prompt dengan cek Encoding jika diaktifkan, lalu klik Edit di prompt untuk mengedit file. Editor teks akan terbuka di tab baru, di mana Anda dapat mengedit file. Anda juga dapat beralih ke editor Kode dari sini. Bila Anda telah selesai mengedit, klik Save untuk menyimpan File.

Code editor memudahkan untuk mengedit file-file yang berisi kode di dalamnya. Ini membedakan warna antara kode, yang membuatnya mudah untuk mengedit file tersebut.

Mengekstrak File

Untuk mengekstrak file yang dikompresi, pilih file yang ingin di-ekstrak dan klik pada tombol Extract. Anda akan mendapatkan prompt untuk memilih path di mana Anda ingin mengekstrak file. JIka Anda memasukkan path yang tidak ada, cPanel File Manager akan membuat direktori dan ekstrak file di dalamnya.

Catatan – cPanel File Manager hanya dapat mengekstrak file dengan jenis kompresi  Zip, Gzip dan Bzip2.

Compressing a File or Folder

Untuk meng-kompres folder atau file tunggal atau ganda, pilih file dan klik Compress. Anda akan mendapatkan prompt pilih metode kompresi di mana Anda dapat memilih Zip, Gzip atau Bzip2. Kemudian akan meminta Anda untuk memasukkan nama file, masukkan nama file sesuai dan klik Compress File(s). Setelah kompresi berhasil, hasilnya akan ditampilkan kepada Anda.

Melihat File

Pilihan ini akan membantu Anda untuk melihat isi dari jenis file yang dikenal dalam antarmuka cPanel. Pilih file yang ingin Anda lihat dan klik pada View. Ini akan membuka tab baru dan isi dari file akan ditampilkan kepada Anda.

Leave a Reply