Hosting dan Fitur, serta Bagaimana Memilihnya

posted in: Tutorial Membuat Website | 1

Apa itu hosting

Hosting adalah komputer (server) yang digunakan untuk menyimpan situs web. Hosting bisa terkoneksi ke Internet (hosting internet), atau hanya komputer lokal (hosting lokal). Untuk situs web yang sudah dipublikasi di Internet, tentunya menggunakan hosting Internet. Sedangkan hosting lokal, biasanya digunakan pada saat pembuatan web. Orang jarang memiliki sendiri hosting internet. Sebagian besar adalah menyewa dari perusahaan penyedia hosting.

Bagaimana cara memilih hosting? Berikut adalah penjelasan fitur yang menjadi pertimbangan.

Space

Ukuran total jumlah data yang dapat disimpan dalam harddisk server hosting. Besarnya sesuai paket hosting yang kita pilih. Semakin besar biasanya lebih mahal, tetapi lebih ekonomis jika dipakai untuk banyak situs sekaligus, asal mendukung multiple domain. Ukuran space ini termasuk yang akan dipakai dalam fasilitas email dan database.

Bandwidth

Jumlah maksimal lalu lintas data ke situs web dalam satu bulan. Ukuran data ini bervariasi tergantung dari ukuranhalaman web yang dibuka. Untuk halaman web yang banyak gambar atau mengandung multimedia, pastinya lebih besar.

Jenis bandwidth biasanya dibagi menjadi IIX dan Non-IIX. IIX maksudnya adalah lalulintas yang menggunakan bandwidth jaringan lokal Indonesia. Bandwidth IIX diperlukan untuk mengakses server hosting yang lokasinya di Indonesia. Non-IIX adalah lalulintas yang menggunakan bandwidth pada jaringan luar negeri. Bandwidth Non-IIX dibutuhkan untuk server hosting yang berlokasi di luar negeri. Misalnya di US (Amerika) atau SG (Singapura)

Fasilitas Email

Email Account. Jumlah maksimum email account yang bisa dibuat (dengan menggunakan domain yang dipakai di hosting tersebut)

Webmail. Menunjukan apakah akun email tersebut dapat diakses melalui web/browser.

POP3, SMTP, IMAP. Menunjukan apakah akun email tersebut dapat diakses menggunakan aplikasi email lain seperti Ms Outlook atau Firebird. Aplikasi email seperti ini biasanya bersifat offline. POP3/SMTP/IMAP adalah nama protokol yang dipakai aplikasi email.

Email Forwarding. Fasilitas untuk memforward email yang datang ke akun lain (bisa untuk akun yang berbeda domain)

Anti Spam. Fasilitas untuk memfilter email spam.

Fasilitas Domain

Subdomain. Fasilitas untuk membuat subdomain dari domain di hosting tersebut. Misalnya hosting itu menggunakan domain tokobaju.com. Maka contoh subdomain yang bisa dibuat: bajuanak.tokobaju.com, bajuwanita.tokobaju. com, dst.

Multiple Domain. Fasilitas untuk mengunakan banyak domain dalam satu hosting. Multiple domain hanya cocok jika ukuran space hosting dan bandwidth yang tersedia cukup besar.

Programming dan Database

PHP5 & CGI. Dibutuhkan untuk situs web dinamis yang menggunakan pemrograman di sisi server. Web yang berbasis CMS seperti WordPress dan Joomla membutuhkan fitur ini.

MySQL. Fasilitas database server untuk aplikasi web. Web yang berbasis CMS seperti WordPress dan Joomla membutuhkan fitur ini.

phpMyAdmin. Aplikasi berbasis web yang dipakai untuk mengelola data dalam database.

Site Builder. Fasilitas untuk membuat web secara instan. Sitebuilder ini biasanya menyediakan proses instalasi yang berbentuk wizard. Tinggal tekan Next, Next, Next, web sudah langsung jadi. Situs yang dibuat biasanya berbasis CMS.

Managed DNS.

Fasilitas untuk mengelola Name Server dari sebuah domain. Dengan fasilitas ini kita dapat mengatur domain yang kita daftarkan di pengelola hosting ini, agar menggunakan hosting di lokasi lain yang sudah mendukung multiple domain.

 

contoh-penawaran-hosting-rumahweb

Gambar. Contoh fitur hosting yang ditawarkan Rumahweb.

One Response

  1. Mantaf Sekali penjelasanya Min…. Mau Tanya Nih, Itu anda upload dari rumah web, yang saya tanyakan. Apa bila saya hanya menyewa hosting dengan biaya 1000/ bulan, Program apakah yang bisa saya bangun untuk, maksud saya, apakah bisa saya gunakan untuk worp Press..?

Leave a Reply