Jenis Server Hosting

posted in: Tutorial Membuat Website | 0

Secara umum, model server untuk hosting ada 3 macam: sharing hosting, virtual private server (vps) dan dedicated server.

Sharing Hosting

Sharing hosting adalah model pemakaian server secara bersama oleh banyak user, dimana setiap user akan diberi satu akun yang bisa mengakses satu folder. Data web disimpan pada folder tersebut.

Pada sharing hosting, setiap akun biasanya mendapatkan alokasi sumberdaya yang tidak besar, baik dari sisi space, bandwidth, multiple domain, dst. Untuk kebutuhan web biasa dengan pengunjung beberapa ratus per harinya, model sharing hosting sudah cukup. Dari segi biaya juga cukup murah. Untuk space sekitar 500MB, hanya perlu membayar sekitar Rp 200ribu s/d 300rb per tahun.

Virtual Private Server (VPS)

Model dengan kapasitas diatas sharing hosting adalah Virtual Private Server atau VPS. Kenapa disebut Virtual dan Private? Karena pada model ini, pemilik hosting akan seolah-olah memiliki server sendiri padahal sebetulnya masih di sharing dengan beberapa user lain tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Aplikasi yang dipakai untuk membagi resources ini disebut virtualization.

Dengan model virtualization, maka user akan mendapatkan space dan bandwidth yang cukup besar. Space bisa sampai 40GB, bahkan lebih. Alokasi RAM juga bisa dipesan sesuai kebutuhan. Untuk akun, diperbolehkan membuat sendiri sehingga jumlah domainnya tidak dibatasi. Dari segi biaya tentunya lebih mahal, paket ini biasanya dibandrol mulai Rp 500rb per bulan. Paket ini cocok jika web yang dibangun sudah memiliki pengunjung yang banyak. Jika pengunjung sudah lebih dari 2000 per hari, sebaiknya pindah ke VPS. Walaupun hal tersebut tidak sangat mengikat, karena sangat tergantung pada berat halaman web itu sendiri.

contoh-penawaran-vps-rumahweb

Gambar. Contoh penawaran Virtual Private Server dari Rumahweb.

Dedicated Server

Model yang terakhir adalah dedicated server. Pada model ini, satu user diberi hak untuk menggunakan resources satu server secara penuh. Model ini biasanya digunakan untuk kebutuhan aplikasi yang memiliki beban kerja yang berat.

Pada model dedicated ini, bisa perusahaan hosting yang menyediakan server, atau user itu sendiri yang memiliki server. Untuk user yang memiliki server sendiri, layanannya disebut colocation. Layanan dedicated server mulai dari kisaran Rp 1,5jt per bulan.

Leave a Reply