Kursus SEO: Bagaimana memulai Search Engine Optimization

posted in: Tutorial SEO | 0

Dalam memulai proses SEO, berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

  1. Buatlah target website bukan hanya untuk search engine, tapi sangat penting untuk user. Mengapa? Karena pengunjung yang mendapat banyak manfaat dari website yang kita buat kemungkinan besar akan kembali lagi. Sehingga traffiknya dari waktu ke waktu meningkat (terakumulasi). Pengunjung juga akan dengan mudah untuk men-share-nya ke relasi yang mereka punya. Pengunjung  yang tidak kembali lagi hanya membuat usaha SEO kita sia-sia.
  2. Dedikasikan waktu. Mengoptimasi waktu adalah pekerjaan jangka panjang. Perlu waktu yang lama untuk melihat pengaruhnya terhadap website. Proses SEO merupakan kegiatan yang sifatnya: Continuous Improvement (perbaikan yang berkelanjutan). Metode yang ditunjukan dalam kursus seo ini perlu dikerjakan, kemudian dianalisis hasilnya, setelah itu diperbaiki lagi
  3. Perlu banyak latihan. Untuk dapat memahami bagaimana teknik ini dilakukan, membaca laporan, menganalilsa langkah apa harus diperbaiki dan dilakukan, praktisi SEO perlu banyak latihan.

kursus seo

Beda Target Beda Keyword

Dalam proses SEO, penentuan keyword/kata-kunci adalah krusial. Keberhasilan mendatangkan trafik dan mengkonversinya menjadi ‘pembeli’ sangat tergantung pada pemilihan target keyword. Karena itu, kita perlu mempelajari bagaimana prospek target melakukan proses pencarian.

Kursus seo mengelompokan tiga jenis model pencarian menjadi: pencarian informasi, pencarian navigasional, dan pencarian transaksional.

Pencarian Informasi, yaitu untuk mencari informasi tertentu seperti informasi kota, Negara, cuaca, dan lainnya. Pencarian seperti ini biasanya akan menghasilkan halaman yang berasal dari wikipeda, about.com, dan seterusnya.

Pencarian Navigasi, yaitu pencarian yang lebih spesifik misalnya perusahaan atau orang. Hasil yang ingin dicari atau ditampilkan mesin pencari biasanya berupa link ke situs perusahaan atau perorangan.

Pencarian Transaksional, yaitu pencarian yang berbasis aksi (action-base). Ketika melakukan pencarian, pengunjung seperti ini langsung melakukan transaksi seperti mendownload brosur, daftar pada layanan tertentu, bahkan kemudian membeli produk/jasa. Pengunjung seperti ini memang awalnya bertujuan untuk mencari produk/jasa untuk dibeli.

Dari ketiga jenis pencarian tersebut, maka kita harus menentukan lebih dulu keyword seperti apa yang harus menjadi target agar sesuai dengan strategi pemasaran online yang ditetapkan.

Leave a Reply