Kursus SEO: Mempersiapkan Website Untuk SEO

posted in: Tutorial SEO | 0

Website anda adalah hal paling penting dalam proses SEO. Sebuah website yang dibuat dengan cara yang benar, akan lebih mudah mendapat ranking tinggi dengan sendirinya. Sedangkan website yang dibuat dengan strukutur yang buruk, akan sulit satu di optimasi. Menurut kursus seo, sangat penting untuk mempersiapkan website anda sebelum menerapkan teknik SEO.

Buatlah Sebuah Website untuk Ceruk Pasar (Niche) Tertentu.

Sebelum membuat sebuah website dan memilih nama, anda harus menentukan lebih target website dibuat. Akan sangat baik jika website ditujukan untuk sebuah ceruk (niche) dari kategori bisnis anda. Dengan menentukan lebih awal ceruk yang dituju, anda akan memiliki visi yang jelas  untuk struktur website, content (materi), dan visitor yang menjadi target pengunjung. Akan lebih jelas bagi anda website seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Webiste Fokus vs General

Secara umum, berdasarkan topiknya, website bisa dibagi menjadi 2 tipe: General dan Fokus.

Website general adalah website yang memiliki materi beragam, seperti buy-and-sell dan portal berita. Website jenis ini sulit untuk dioptimasi karena keyword terlalu beragam (ingat, mesin pencari berbasis pada keyword). Akan tetapi dari jumlah pengunjung punya peluang lebih banyak karena mempunyai materi dari kategori yang lebih beragam.

Website Fokus berpusat pada topik yang spesifik, misalnya handphone, komputer, pertanian, dan lain-lain. Jenis situs seperti ini mudah untuk dioptimasi karena berfokus pada satu topic, akan tetapi dari sisi pengunjung jumlahnya lebih sedikit.

Kursus seo menyarankan untuk memilih website seperti ini, tetapi dengan pemilihan keyword yang pencarinya banyak. Kita akan membahas caranya dalam beberapa artikel ke depan.

Menentukan Apa yang dibutuhkan pengunjung

Pengujung adalah salah satu factor paling penting dalam menentukan desain website. Kursus weo menyarankan agar prosesnya secara berturut-turut adalah: buatlah website untuk pengunjung, tambahkan content, kemudian optimize untuk search engine. Jangan dibalik, membuat website untuk search engine.

Pilihlah satu jenis/kelompok pengunjung menjadi target. Menargetkan sebuah website untuk semua orang dapat menyebabkan website tersebut tidak ada pengunjungnya, karena bukan untuk siapa-siapa. Dalam membuat dan mendesain website, anda harus dapat mengerti apa yang dibutuhkan oleh target pengunjung anda dan bagaimana cara berinteraksi dengan mereka. Lakukan survey kecil jika perlu. Dengan itu, maka anda dapat membuat struktur informasi web yang cocok dengan mereka.

Cek kompatibilitas dengan banyak browser

Setelah membuat website, sangat penting untuk mencobanya dibanyak browser. Apakah tampilannya konsisten dan sesuai dengan yang diinginkan. Coba juga seluruh navigasi yang ada. Jangan sampai ada halaman yang error atau link putus.

Anda dapat mencoba tools yang tersedia di internet, seperti http://browsershots.org. Tools ini dapat menampilkan bagaimana situs anda dilihat oleh banyak versi browser dan sistem operasi.

Cek kompatibilitas dengan banyak device (ukuran)

Sekarang ini kita ada dalam era ‘multidevice’. Seseorang dapat memiliki 3-4 jenis device. Mulai dari laptop, table, smartphone, dan lain-lain. Setiap device ini memiliki browser yang menampilkan website dalam ukuran masing-masing. Adalah penting untuk dapat menampilkan website dengan benar di seluruh device ini.

Anda dapat mecoba tools yang tersedia di Internet untuk melakukan hal ini. Contohnya adalah Screenfly dari QuirkTools.

Saran dari Kursus Seo

Untuk dapat memenuhi semua kriteria website yang ‘baik’, tentu bukan hal mudah. Terutama bagi pemula yang belum punya kompetensi dengan hal-hal teknis dalam teknologi web. Karena itu, kursus seo menyarankan agar anda menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla,  dan lain-lain. Kemudian memilih Template yang telah mendukung SEO dan Responsive (multi-device). Anda dapat memilih template gratis, namun harus cermat karenat karena template gratis biasanya mengurangi beberapa fungsi. Untuk mengoptimasi meta keyword dan komponen lain terkait SEO, anda tinggal memasang komponen/plugin tambahan. Dengan cara ini, maka anda bisa segera fokus kepada materi web tanpa harus direpotkan dengan hal teknis tersebut.

Leave a Reply