Menambah dan Mengelola Materi Post dan Page di WordPress – Bagian 2

posted in: Tutorial Wordpress | 0

Pada bagian kanan editor, terdapat 3 setelan, yaitu: status, visibilitas, dan tanggal publikasi.

kursus-wordpress-content-publish-visibility-date

Status menandakan apakah content masih draft atau sudah bisa di publikasi (Draft/Publish). Visibilitas menentukan siapa saja yang boleh mengakses content, apakah untuk konsumsi Public, diberi Password, atau hanya untuk pengunjung yang memiliki login (Private).

kursus-web-wordpress-forma-post

Dibawah setelan Publish, ada setelah format bagaimana content tersebut nanti ditampilkan. Seperti Standard, Audio, Chat, Gallery, dan seterusnya. Setelah format ini hanya berfungsi jika memang didukung oleh Theme yang dipakai, karena tidak semua Theme memiliki fitur mendukung/membedakan masing-masing format ini yang secara khusus.

Setelan berikutnya adalah Categories, Tags, dan Feature Image.

kursus-wordpress-categories-tags-featured-image-tutorial

 

Fungsi dari ketiganya dapat dipahami dengan mudah. Categories adalah nama kategori/pengelompokan Post dan Tags adalah kata kunci yang mewakili isi post/content tersebut. Khusus untuk Featured Image, terdapat beberapa Plugin yang secara khusus memanfaatkan setelan Fatured Image ini untuk tampilan gambar ilustrasi (bagi setiap post), banner, atau slideshow (dihalaman muka/home).

Dengan mengklik Featured Image, Anda akan dibawa untuk memilih media/gambar yang akan dipakai, atau mengupload-nya dari komputer lokal. Tentang upload file media untuk Post atau keperluan lainnya (seperti banner dan logo), akan dibahas pada beberapa artikel di depan.

kursus-wordpress-insert-media
Memilih gambar yang akan dimasukan ke WordPress untuk Featured Image

l

 

Leave a Reply