Meningkatkan Navigasi dengan Paginator

posted in: Tutorial Wordpress | 0

Meningkatkan Navigasi dengan Paginator

Ketika sebuah situs web, atau blog, menerbitkan banyak artikel pada satu halaman, daftar ini bisa cepat menjadi sangat panjang dan sulit dibaca. Untuk mengatasi masalah ini, paginations diciptakan. Paginations sederhana memungkinkan Anda untuk bergerak maju dan mundur melalui daftar artikel dengan mengklik pada link berikutnya dan sebelumnya. Pagination yang lebih banyak hadir lengkap dengan nomor daftar halaman sesuai dengan jumlah artikel (dibagi dengan jumlah artikel per halaman). Nomor pagination tidak hanya menyediakan informasi lebih lanjut bagi pengguna tentang jumlah halaman dan di mana mereka berada dalam daftar, juga memungkinkan untuk melompat langsung ke halaman tertentu.

Sistem default WordPress memiliki model pagination sederhana. Dalam kesempatan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengintegrasikan plugin Pagination yang memungkinkan pilihan yang lebih kaya dan lengkap dengan nomor halaman.

Untuk melakukan hal ini, Anda akan perlu untuk menginstal WP-Paginate plugin. Carilah plugin WP-Paginate dalam layar Add New Plugin melalui situs WordPress Anda. Pilih Instal, dan kemudian mengaktifkannya.

Ada dua bagian untuk dilakukan . Pada bagian pertama, kita perlu mengkonfigurasi plugin. Dan Bagian kedua, kita perlu menambahkan sedikit kode di theme kita untuk menempatkan output pada halaman.

Untuk memulainya, mari kita lihat pilihan konfigurasi yang ditawarkan oleh plugin:

1. Masuk ke Dashboard WordPress.
2. Klik pada menu Settings.
3. Klik pada pilihan WP-Paginate.
4. Pada halaman yang muncul, pilih opsi yang ingin Anda gunakan. Gambar berikut menunjukkan konfigurasi standar:

screenshot-kursuswebmaster com 2015-09-08 15-34-02
5. Setelah selesai, klik tombol Save Changes.

Plugin sekarang siap untuk digunakan, tinggal kita tambahkan kode ke file theme. Untuk menampilkan pagination itu, ikuti langkah berikut:

1. Buka file yang berisi loop WordPress. Sebagian besar di file index.php, atau home.php. Untuk beberapa Theme yang lebih baru, mungkin filenya adalah loop.php.
2. Tempatkan kode berikut di mana Anda ingin kontrol pagination muncul:
<? php if (function_exists (‘wp_paginate’)) {wp_paginate();}?>
3. Simpan file.

Leave a Reply