Nama Domain (Domain Name)

posted in: Tutorial Membuat Website | 0

Nama Domain atau lebih sering disebut Domain, adalah string (kata)  yang dipakai di Internet sebagai alat identifikasi. Contohnya: detik.com, kursuswebmaster.com, dan seterusnya. Fungsinya seperti nama pada orang. Digunakan untuk keperluan administrasi dan otorisasi, misalnya dalam konteks yang berkaitan dengan manajemen jaringan sebagai alat penamaan atau pengalamatan.

Domain Name System – DNS

Nama domain dibentuk dan di atur berdasarkan prosedur dalam Domain Name System (DNS) . Semua nama yang terdaftar di DNS disebut “domain name”. Domain name bersesuaiam dengan IP Address, yaitu kode yang dipakai oleh komputer untuk mengakses internet, server yang menyimpan situs web, dan berbagai jenis layanan lain, seperti voip, chat, vpn, email, dan lain sebagainya. Pada tahun 2014, jumlah domain aktif di Internet tercatat lebih dari 271 juta.

Domain name diorganisasi dalam model hirarki. Level pertama yang disebut Top Level Domain atau TLD sudah sering kita dengar, seperti com, org, net, edu, info, dan seterusnya. Level berikutnya, dibawah TLD, adalah yang terbuka untuk umum dalam menentukan ‘nama’ dan dapat direservasi. Contoh dibawah hirarki TLD com adalah kompas.com, detik.com, lazada.com. Dibawah hirarki TLD ORG misalnya wordpress.org dan joomla.org. Reservasi ini tersebut sifatnya tahunan.

Reservasi domain dapat dilakukan di penyedia hosting web. Hosting adalah komputer server tempat menyimpan situs web. Disana, kita bisa memesan domain bersama dengan hosting, hanya domain saja, atau hanya hosting saja. Biaya reservasi domain dalam setahun saat ini, berkisar antara Rp 90.000 sampai dengan Rp 135.000,-

Tentang hosting, silahkan kunjungi Hosting dan Fitur, serta Bagaimana Memilihnya

WHO IS Domain dan Domain Check

Untuk sekedar mengecek apakah nama domain tertentu sudah diambil orang lain dan melihat pemiliknya, Anda dapat menggunakan layanan who is yang banyak tersedia di internet. Misalnya: https://who.is/, https://www.whois.net/ , www.whois.com/whois/, dan banyak lagi yang lainnya.

who-is-google-com

Leave a Reply