Penjelasan Fitur Hosting

posted in: Tips Membuat Website | 0

Penjelasan Fitur Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan situs web. Untuk mempunyai situs web, seseorang harus memiliki hosting. Bisa membuat sendiri dari computer yang dipasang aplikasi server web, atau menyewa dari pihak ketiga /perusahaan provider hosting. Mayoritas dari pemiliki situs web saat adalah menyewa. Provider hosting biasanya menyediakan paket-paket yang bisa dipilih, dengan fitur-fitur yang berbeda. Pemilik hosting harus mengerti fitur-fitur tersebut agar bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berikut adalah fitur yang umum ditawarkan oleh provider:

  • Control Panel. Aplikasi yang disediakan untuk mengelola hosting yang kita sewa. Melalui aplikasi ini kita bisa melihat dashboard/summary status hosting, mengelola akun hosting, akun email, akun FTP, mengakses File Manager, melihat statistik, membuat CronJob, dan seterusnya. Terdapat banyak aplikasi sejenis ini yang ditawarkan oleh hosting. Tapi yang paling populer adalah cPanel.
  • Space. Menentukan besar space atau ukuran maksimal penyimpanan file-file untuk situs web di dalam hosting. Ukuran space ini sudah termasuk email yang dipakai di dalamnya. Karena itu tambahkan space untuk email ketika memilih paket hosting. Misalnya, jika sebuah situs web menghabiskan space 150MB, dengan kira-kira kebutuhan email 100MB, maka spece minimal yang dipilih adalah 250MB. Anda dapat juga memilih provider yang menyediakan unlimited space.
  • Traffic atau Bandwidth. Menunjukan total pemakaian bandwidth oleh pengunjung situs web. Semakin banyak pengunjung, maka bandwidth akan semakin besar/cepat habis. Jika fitur ini sangat penting, pilihlah hosting yang menyediakan unlimited bandwidth.
  • Email Account. Menunjukan total jumlah email yang bisa dibuat. Setiap email yang dibuat akan memiliki domain-name sesuai domain hosting. Untuk perusahaan, jumlah alamat email ini bisa disesuaikan dengan karyawan atau departemen. Jika fitur ini penting, ada cukup banyak provider hosting yang menyediakan fitur unlimited email.  Pada fitur email, biasanya ditampilkan juga apakah email mendukung SMTP dan POP3. Fitur SMTP adalah dukungan hosting untuk pengiriman email menggunakan software seperti Ms Outlook atau dari handphone (Android/IOS). Sedangkan fitur POP3 adalah dukungan untuk mendownload/mengunduh email dari software tersebut. Fitur lainnya adalah Email Forwarding, yaitu secara otomatis mem-forward email yang masuk pada akun tertentu.
  • Domain/Add-on Domain. Menunjukan jumlah domain yang bisa dipasang di dalam sebuah hosting. Jika anda memiliki banyak web, lebih efisien untuk memilih hosting dengan jumlah add-on yang banyak. Sehingga semua web bisa dikelola dengan satu Control Panel.
  • Server Location. Menunjukan lokasi server hosting. Misalnya IIX untuk Indonesia, US untuk Amerika, dan SG untuk Singapura. Pemilihan lokasi hosting sebaiknya disesuaikan dengan mayoritas pengunjung situs. Jika mayoritas pengunjung situs adalah orang Indonesia, sebaiknya memilih lokasi server Indonesia (IIX).
  • FTP (File Transfer Protocol). Fitur untuk membuat akun FTP yang digunakan untuk mengirim/mengunduh file dari hosting tanpa browser. Untuk menggunakan FTP, kita harus mempunyai aplikasi klien seperti Filezilla.
  • Subdomain. Menunjukan jumlah maksimal subdomain yang bisa dibuat. Subdomain adalah nama-bagian dari domain utama. Misalnya kita memiliki nama domain: abc.com, maka kita bisa membuat subdomain seperti: abc.com, marketing.abc.com, dan seterusnya.
  • Menunjukan bahwa hosting sudah mendukung SSL yaitu kemampuan meng-enkripsi data pada pertukaran informasi, misalnya untuk pengembangan aplikasi pembayaran atau login, sehingga data menjadi lebih aman.
  • PHP 5.x dan 7.x, CGI, CURL, PERL, GD2, dst. Ini adalah fitur yang menyangkut bahasa pemrograman. Fitur ini penting untuk perhatikan jika Anda akan menginstall aplikasi tertentu di hosting. Tapi secara umum, hosting yang ada sekarang sudah mendukung aplikasi CMS yang populer seperti WordPress atau Joomla.
  • MySQL, MariaDB, dan phpMyAdmin. Ini adalah fitur hosting yang menyangkut database. MySQL dan MariaDB adalah database server. Hampir semua CMS memerlukan database server ini. Fungsinya untuk menyimpan dan mengelola data. Penting untuk melihat berapa total jumlah database yang diizinkan untuk dibuat, karena akan membatasi total jumlah situs web-nya. Sedangkan phpMyAdmin adalah aplikasi yang dipakai untuk mengelola database tersebut, seperti: membuat tabel, memasukan dan menghapus tabel serta data, serta melakukan query.
  • Installer/Website Builder. Ini adalah fitur untuk membuat situs web secara mudah. Misalnya anda bisa membuat situs berbasis WordPress dengan beberapa klik, mengikuti “wizard” yang disediakan. Contoh installer dan website builder yang biasanya tersedia di sebagian besar hosting adalah: WordPress, Joomla, OpenCart, Prestashop, Moodle, Magento, Drupal, PHPbb, dan Weebly.

Leave a Reply