Perkenalan dengan WordPress

posted in: Tutorial Wordpress | 0

wordpress-logo-notext-rgbWordPress adalah pada dasarnya adalah sebuah CMS atau Content Management System berbasis web. CMS adalah aplikasi yang memiliki fungsi utama mengelola content/materi. Karena itu, maka materi atau content WordPress mudah untuk ditambah dan diperbarui. WordPress bersifat gratis dan open-source. WordPress juga merupakan sebuah Blog engine, yaitu web untuk membuat blog. Fitur-fitur blog seperti tag dan discussion/komentar sudah terintegrasi secara default dalam Wordpres.

Karena sifatnya yang ‘customizeable’ dan fiturnya dapat dikembangkan, WordPress dapat dipakai untuk berbagai jenis situs. WordPress dikembangkan menggunakan Themes dan Plugin. Themes adalah komponen WordPress yang bertanggung jawab terhadap tampilan. Sedangkan Plugin adalah komponen yang bermanfaat untuk menambahkan fungsi baru pada WordPress. Contoh plugin misalnya: banner, slide-show, galery, backup data otomatis, Search Engine Optimization (SEO) , toko online, forum, RSS, dan masih banyak lagi.

WordPress memiliki komunitas dan jumlah pemakai yang sangat besar. Karena itu mencari informasi terkait WordPress sangat mudah, baik untuk keperluan belajar, memodifikasi, maupun troubleshooting. Theme dan Plugin WordPress dapat dicari dengan mudah di Internet, baik yang bersifat pro (berbayar) maupun gratis.

WordPress diperbarui secara rutin oleh pembuatnya, sehingga tingkat keamanannya sangat baik dan mengikuti perkembangan teknologi web.

Leave a Reply