kursus web alur cara membuat situs

Berikut adalah alur cara membuat web

A. Obyektif

Menentukan maksud dan tujuan pembuatan website sangat penting. Sebaiknya dibuat tertulis. Apa yang ingin dicapai oleh situs tersebut? segment mana? targetnya siapa? Kebanyakan orang langsung menentukan desain dan isi web, padahal sebuah web yang berhasil bukan hanya cocok bagi pemilik, lebih jauh lagi harus bisa mencapai tujuan dan sesuai dengan pengunjung yang ditargetkan.

Lebih lanjut: Jenis-jenis Web

B. Desain

Desain tidak hanya menyangkut desain grafis atau multimedia, tetapi harus sesuai dengan obyektif. Dalam desain, harus ditentukan juga  layout, struktur menu, dan yang paling penting materi. Apakah materi cukup baik? Adakah orang yang mau membacanya? Apakah manfaatnya bagi pengunjung (selain kita tentunya)? Materi termasuk profil yang ingin ditampilkan, bisnis, barang/jasa, dan lain sebagainya. Materi web yang baik dan memberi manfaat bagi pengunjung akan mendatangkan trafik yang bagus.

Lebih lanjut: Proses Web Design

C. Pembuatan

Secara umum, pembuatan web dapat dikelompokan dalam 2 cara:

  1. Membuat sendiri web dan program dari awal. Cara ini memerlukan tim yang memiliki berbagai keahlian seperti HTML, CSS, Javasript, desain grafis (Photoshop), dan pemrograman skrip web (PHP, JSP, ASP).
  2. Menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress atau Joomla. CMS adalah platform siap pakai yang tinggal di”custom” agar sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara kedua banyak dipakai saat ini karena lebih mudah dan cepat. Walaupun ada keterbatasan untuk proses bisnis yang rumit, tapi bagi besar orang, fitur yang terdapat pada CMS sudah lebih dari cukup.

Lebih Lanjut: Web Content Management System – CMS |  CMS WordPress | Membuat Web Server Lokal dengan XAMPP | Menginstall WordPress di Komputer Lokal

 D. Upload

Untuk diupload ke Internet atau biasa disebut HOSTING (server yang terkoneksi ke Internet), ada beberapa opsi yang bisa dipakai. Penentuan model hosting ini sangat bergantung pada tujuan web yang dibuat. Secara umum dapat dibagi menjadi: sharing hosting, VPS, dan dedicated.

Lebih Lanjut: Domain Name | Hosting, Fitur, dan Memilihnya | Jenis Hosting

E. Pemasaran dan Pemeliharaan

Sangat sedikit pemilik web yang ‘aware’ dengan hal ini. Sebuah web yang berhasil tentunya harus dipasarkan dan dipelihara. Dalam hal ini, kegiatan yang termasuk dalam kelompok ini adalah SEO (Search Engine Optimization), memonitor web (pengunjung, kesehatan), dan memperbarui materi (update content).