User Manager di cPanel

posted in: Tutorial Membuat Website | 0

Ini adalah fitur baru yang diperkenalkan dalam edisi terbaru dari cPanel. Melalui bagian manajer pengguna ini, Anda dapat mengontrol semua pengguna yang ada di cPanel Anda dengan antarmuka tunggal. Antarmuka ini akan menampilkan semua account pengguna, yang memiliki akun email atau akun FTP yang terkait dengan domain Anda. Anda dapat mengedit akun tersebut, mengubah password, dan menghapusnya dari sini. Antarmuka ini memberikan Anda kemampuan untuk menambahkan pengguna baru dan mengaitkan mereka untuk FTP dan akun email juga.

Menghapus Akun
Untuk menghapus akun pengguna, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1 – Buka User Manager dengan mengklik ikon orang di sebelah kanan atas. Setelah User Manajer terbuka, Anda akan melihat antarmuka seperti ini –

cpanel-user-manager-1

Step 2 − You can view all the accounts of your cPanel here, which includes your system accounts too. Account having the Inbox icon colored shows that the account has an email address. The accounts having the truck icon colored show that the account has an access to FTP account, whereas the accounts having the disk icon colored shows that the account has access to a webdisk.

Langkah 2 – Anda dapat melihat semua account cPanel Anda di sini, yang mencakup akun sistem Anda juga. Akun memiliki ikon Inbox berwarna menunjukkan bahwa akun tersebut memiliki alamat email, ikon truk berwarna menunjukkan bahwa akun tersebut memiliki akses ke FTP, sedangkan akun yang memiliki ikon hard disk berwarna menunjukkan memiliki akses ke webdisk.

Langkah 3 – Cari akun yang ingin Anda hapus dan klik pada link delete (di bawah nama domain).

Langkah 4 – Anda akan diminta untuk konfirmasi, klik pada tombol hapus untuk menghapus akun pengguna.

Mengubah Akun
Jika Anda ingin mengedit account atau mengubah password, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1 – Pilih akun yang ingin Anda ubah passwordnya, dari User Manager. Klik pada link Edit atau Ubah Password pada akun itu, yang akan membawa Anda ke antarmuka di mana Anda dapat mengedit account.

cpanel-user-manager-2

Langkah 2 – Anda dapat menentukan nama lengkap dari pengguna, memberikan alternatif id email untuk akun tersebut.

Langkah 3 − Scroll ke bawah untuk melihat Security Information, Anda dapat mengisi password (jika ingin mengubah yang ada),a tau membiarkannya kosong (jika passwordnya tetap/tidak diganti).

cpanel-user-manager-3

Langkah 4 – Pilih layanan yang Anda ingin aktifkan untuk akun tersebut dari bagian Services.

cpanel-user-manager-4

Misalnya, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan email, juga Anda dapat mengubah Kuota untuk email dari akun tersebut. Anda juga dapat mengaktifkan FTP untuk akun tersebut dengan menggeser pilihan Enabled/Disabled.

Langkah 5 – Klik Save untuk menyimpan setting untuk User tersebut.

Menambahkan User Baru
Anda juga dapat menambahkan user baru dan memberikannya akses email dan FTP. Untuk menamah user baru, ikuti langkah berikut:

Langkah 1 – Klik tombol ‘Add User’ yang ada di sebelah kanan antarmuka User Manager. Anda akan melihat tampilan seperti halaman edit sebelumnya.

cpanel-user-manager-5

Langkah 2 – Masukan semua informasi yang diperlukan seperti username dan password, Anda juga dapat memberikan nama lengkap dari User (sifatnya adalah opsional).

Langkah 3 – Pilih layanan yang Anda ingin berikan kepada pengguna tertentu. Aktifkan layanan dengan menggeser menjadi Enabled, atau menonaktifkan dengan Disabled.

cpanel-user-manager-6

Langkah 4 – Klik tombol Create untuk membuat pengguna dan kembali ke antarmukaUser Manager atau klik Create and Add Another untuk membuat pengguna dan kembali ke antarmuka untuk menambahkan pengguna baru lagi.

Leave a Reply