WordPress Front-End dan Back-End

posted in: Tutorial Wordpress | 0

2.1 WordPress Front-End dan Back-End

WordPress memiliki Front-end dan Back-end. Bagian Front-end adalah halaman yang biasa dilihat oleh pengunjung website. Halaman-halaman yang terdapat pada bagian front-end biasanya diakses melaui menu.

Sedangkan Back-end adalah bagian yang dilihat oleh admin atau webmaster, yaitu orang yang mengurus dan mengelola isi website. Pada bagian Back-End inilah seorang admin dapat mengubah tampilan, memperbarui isi, atau menambahkan fitur baru pada website.

Untuk mengakses bagian Back-End sebuah situs yang berbasis WordPress, masukan alamat: http://alamat-situs/wp-admin. Anda akan dibawa ke halaman login.

wordpress-back-end-login-kursus-wordpress

Login dan Password pada halaman ini Anda dapatkan pada saat proses install. Jika Anda lupa, klik link “Lost your password?”. WordPress akan membuat yang baru kemudian mengirimkannya ke email Anda.

Setelah login, Anda akan masuk ke bagian Dashboard dari situs. Halaman ini memberikan informasi singkat secara keseluruhan tentang situs Anda.

menu-dashboard-kursus-wordpress

Keterangan

  1. Updates, Jumlah item yang harus diupdate, disini terlihat ada 2 item, biasanya terdiri untuk update WordPress dan Plugin karena ada versi baru.
  2. Plugins, Jumlah Plugin yang harus diupdate, biasanya karena ada versi yang lebih baru.
  3. Menu Dashboard. Beberapa Plugin akan menambahkan menu sendiri di bagian ini. Sebagai contoh: All In One SEO, Analytics, BackWPup, dan seterusnya.
  4. Badan Dashboard. Berisi informasi singkat tentang situs dan aktifitas terakhir.

 

Leave a Reply